Selasa, 22 Mei 2018

CARA MEMBUAT TABEL DI MICROSOFT WORD



Hai teman-teman aku mau membuat tutorial cara membuat Tabel di Ms Word hmmm kenapa gak di Excel? kenapa yaaa hmm .. gapapa sih untuk memudahkan aja kalau kalian lagi buat file di Ms Word hehehe cuma kalo di Ms Excel kan lebih rapi dan teliti.
Banyak sekali manfaat dari tabel ini, misalnya saja sebuah perusahaan punya banyak karyawan dengan gaji yang masing-masing berbeda, maka agar mudah dibaca datanya tidak dibuat dalam bentuk kalimat apalagi paragraf karena akan sulit mencari data tertentu di dalamnya. Akan tetapi, dengan dibuat dalam bentuk tabel, misal kolom pertama berisi nomor, kedua nama karyawan, ketiga besaran gaji bulanan, ketiga jabatan dan sebagainya, maka orang yang membaca tabel tersebut akan dengan mudah memahaminya.

Cara Membuat Tabel di MS Word

Sebenarnya hanya ada 3 langkah untuk menyelesaikan pekerjaan mudah seperti ini, dan yang susah sebenarnya hanya mengisi datanya saja, apalagi jika harus membuatnya berlembar-lembar. Tentu akan butuh waktu semalaman untuk menyelesaikannya. Berikut prosesnya:
1. Klik Insert di bagian menu Bar (menu deretan kedua)
2. Klik icon “Table” di deretan ke empat.
cara membuat tabel di ms word
3. (perhatikan gambar di atas) Lewatkan kursor di bagian atas kolom-kolom kecil yang muncul (tapi jangan diklik). Tarik ke samping untuk menambah kolom atau tarik ke bawah untuk menambah baris, tapi jangan di klik dulu. Setelah jumlah kolom dan barisnya sudah sesuai dengan yang diinginkan, maka barulah diklik. Sampai disini anda sudah berhasil membuatnya, tinggal lanjut ke pengaturannya di bawah.

Mengatur Lebar Tabel dan Bagian Lainnya

Lebar tabel maksudnya di sini adalah kolom dan barisnya. Jika kita mau melakukannnya secara manual dan hanya pada beberapa saja maka cara ini dilakukan, kecuali jika ingin melakukan pengaturan massal maka lain lagi caranya.
1. Pertama, bawa atau angkat kursor tepat di atas garis hingga muncul tanda seperti tanda panah yang saling bertolak belakang, seperti gambar di bawah:
atur lebar kolom dan baris tabel
2. Setelah tanda di atas muncul barulah klik sekali dan tahan sambil digeser ke samping untuk kolomnya atau geser ke bawah jika barisnya yang mau dibuat lebih lebar atau lebih sempit, tapi penempatan kursornya awalnya harus di atas garis baris, bukan garis kolom.

Adapun cara lain mengatur lebar kolomnya adalah dengan cara :

1. Blok dulu kolom yang mau dirubah. Cara bloknya dengan mengarahkan kursor di atas kolom hingga muncul tanda panah hitam kecil, lalu klik hingga tampak biru bagian dalam kolomnya, seperti gambar di bawah :
merubah lebar kolom tabel semua secara langsung
2. Setelah tampak biru seperti di atas (atau kursor ada dalam kolom) , selanjutnya klik “Table Tools” lalu pilih menu “Layout” (dan berikutnya tinggal isi angka pada “Height” untuk tinggi barisnya dan “Width” untuk lebar kolomnya. (Ingat! Menu ini baru akan muncul kalau kamu blok tabelnya tau menempatkan kursornya dalam tabel. Letaknya di paling kanan dari deretan menu Home).
Selesaiiiiii deh hihihihi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar